MeTime Running: Pandaan – Pet Bocor – Putuk Truno


image

Waktu berjalan ke Barat di waktu pagi hari matahari mengikutiku di belakang. Aku berjalan mengikuti bayang-bayangku sendiri yang memanjang di depan. Aku dan matahari tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang telah menciptakan bayang-bayang, aku dan bayang-bayang tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang harus berjalan di depan.— Sapardi Djoko Damono

Hampir 2 tahun kebiasaan lari sendirian (baca; lari ngenes) masih saya tekuni. Walopun masih sering kendor, selalu saya usahakan minimal seminggu sekali dengan jarak 5k. Lumayanlah melepas penat dan kestresan menghadapi hidup *beraat berat*
Dan kemarin pagi..

Alhamdulillah, akhirnya rampunglah morningrun ala freakpals yg memprihatinkan 😂
Diawali dari pukul 5.30wib start depan gereja Katolik sampe pos perijinan Arjuno-Welirang Tretes yang ternyata ‘cuma’ 8.6k (kirain dulu sampek 10k) dengan kombinasi 1k pertama lari like a pro dan sisanya ngesot aspal 😂

image
Banyakan jalannya 😂 (result by Endomondo)

Sampe di warung depan pos perijinan, langsung nongkrong sama laler sambil nyusu coklat pake es jadi nyusus *uopo seh, pal* Rencana awal mau sampe Pet Bocor (pos pertama pendakian Gn. Arjuno – Welirang via Tretes yang biasanya sering dipake buat camping ceria) tapi pending dulu soalnya masih ragu. Takut diculik om-om😭 Usai ngobrol ngalor ngidul trus ganti baju yg basah kena keringat, saya pamit pulang. Ndilalah si ibuk warung nagih;

Ibuk warung: Lho mulih? Jare arep nang Pet Bocor? (Lho pulang? Katanya mau ke Pet Bocor?)
Saya: *nyengir* ‘duh, si ibuk masih inget aja sih’, batinku
Ibuk warung: Walah mosok gak sido, mbak. Gapopo sampean dewean. Jalan jalan ae, gak usah mbayar kok. (Walah masa ga jadi, mbak. Gapapa sampean sendirian. Jalan-jalan aja, gausah mbayar kok)
Saya: Oalah enggehpun, buk. Kulo tak budhal. (Oalah iya deh, buk. Saya berangkat)
Ibuk warung: Iyo ati-ati, mbak.
(Iya hati-hati, mbak)

Kemudian ngacirlah saya ke Pet Bocor dengan agak ga rela soalnya sudah ganti baju bersih dan wangi 😂😂😭 *pokoe si ibuk warung tak suruh nyuciin bajuku ntar*

Terakhir ke Welirang 4 tahun silam. Jadi saya anggap ini untuk mengobati kangen walo cuma sampe Pet Bocor saja. Ah, jalan makadam ini.. *kemudian kepleset*

image
Cantik ya..
image
Menuju Pet Bocor!

Jarak perijinan – Pet Bocor hanya 30menit PP plus ngeteh cantik dengan total jarak PP ±1.8km yang terekam di hape saya. Sampe di perijinan lagi si ibuk kaget, “Kok cepet, mbak?”. “Enggeh, buk. Cedek mawon kok. Niki pun kelempoken banyu,” jawabku sambil nyengir. Gimana gak kelempoken, wong habis nyusu coklat pake es, di Pet Bocor jajan teh anget lagi. Sebenarnya sungkan aja sih, masa ikutan nongkrong tapi ga jajan apa-apa😂 Eh tapi di Pet Bocor sempet ngisi aer juga. Seger sih. Mayan bawa pulang, buat bekal aus di angkot ntar 😂😝
“Pamit, buuuk”
“He eh ati-ati, mbak”

image

Pas lagi nunggu angkot, tiba-tiba kepikiran ke Putuk Truno. Jadilah saya batal nunggu angkot, kemudian ngacir lari lagi mumpung jalan turunan terus sampe Putuk Truno. Dari perijinan ±2.5km. Tiket masuk perkepala 10rb. Akses ke air terjun jalan kaki sekitar 300meteran lah. Kayaknya.

Di Putuk Truno inilah puncaknya kengenesan saya. Yang lain pada nempel dikit cekrek sama pasangannya, sama gengnya, saya cuma duduk nganga dengan kaos yang mulai basah lagi dengan keringat. Bau. Ah tapi gapapalah, yang penting masih bisa minum aer surga dari Pet Bocor tadi hayati masih bisa bahagia, kandaaa 😂😭 Tigapuluh menit berlalu, sebenernya agak malu tapi saya beranikan selfie ala foto ktp depan air terjun.

image
Sungguh elok.. air terjunnya 😂

Lanjut melangkah gontai. Pulang. Ya, ngangkot. Eh tapi jalan kaki dulu ding. Aduh dek.

Selamat mengeksplor!

Catet: Saya ndak ikut-ikut lho ya apapun akibat kalian baca dan liat post ini.

Published by

NF Palestine Turmudzy

A wanderer. A freelancer. A fulltime-dreamer.

2 thoughts on “MeTime Running: Pandaan – Pet Bocor – Putuk Truno”

Leave a Reply

