Tags

, ,


image

Candi Jabung pada tahun 1866

Terletak ±5 km dari Kraksaan atau hanya 500meter sebelah Tenggara kolam renang Jabung Tirta, Candi Jabung berdiri di tengah desa Jabung, kec. Paiton, kab. Probolinggo.

image

Candi Jabung berdiri di area seluas 35 x 40 meter dengan panjang 13,13 meter, lebar 9,60 meter dan tinggi 16,20 meter. Ada 3 Batara Kala yang menempel di masing-masing sisi, kecuali di sisi barat atau tepat diatas satu-satunya gerbang masuk menuju bilik candi.

image

Pemugaran Candi Jabung secara fisik dilakukan pada tahun 1983-1987 silam. Konon katanya Candi Jabung dibangun menggunakan bata merah berkualitas tinggi sebagai persemayaman terakhir Bhre Gundal, seorang anggota keluarga raja. Sebenarnya saya penasaran sekali siapa Bhre Gundal tersebut, namun dengan mesin pencari populer pun saya belum menemukan info rincinya *akan segera diperbarui jika sudah menemukan referensinya :)*

image

Yang membuat saya kagum, di bagian paling bawah atau batur, relief candi masih terbentuk dan dapat diamati dengan cukup jelas mengingat beberapa candi peninggalan Majapahit lain yang juga dibangun menggunakan bata merah kebanyakan relief sudah aus dan tidak berbentuk.

image

siluet eksotik Candi Jabung

Selamat mengeksplor! 🙂

Advertisements