Candi Bangkal; Eksotika Majapahit dalam Kesunyian..


image
siluet Candi Bangkal berlatar belakang Gn. Penanggungan

Suara knalpot Sukro yang mulai udzur menderu menyusuri jalanan desa Kembangsari, Kamis pagi (16/04). Desa kecil di pinggiran Mojokerto, kecamatan Ngoro ini berbatasan dengan Kejapanan, Gempol, kab. Pasuruan yang menjadi akses paling dekat dan mudah dari arah Malang.

Candi Bangkal yang menjadi tujuan kali ini merupakan salah satu candi yang dibangun sekitar abad 13-14 silam. Dari gapura pinggir jalan utama Gempol – Mojokerto, perjalanan ±15 menit untuk mencapai situs ‘tersembunyi’ ini.

image
(zoom out)
image
(zoom in) sugeng rawuh teng Candi Bangkal 😀

Candi Bangkal terdapat di pinggiran area sawah penduduk. Bangunan candi ini terbilang utuh, hanya beberapa bagian memang sudah keropos dan terserak. Konon katanya, dahulu pernah ada gempa yang merobohkan rumah penduduk, hanya candi ini yang masih berdiri kokoh tanpa retak lho!

image
Batara Kala-nya bikin keder.hihi

Total terdapat 6 arca terbuat dari batu andesit yang menempel di tiap sisi candi. Satu buah arca Batara Kala besar menempel diatas pintu masuk, mirip dengan yang ada di Candi Jedong (lihat disini) yang letaknya cukup jarang dijamah walaupun aksesnya mudah dan di kecamatan yang sama. Di samping kanan dan kiri pintu terdapat arca dengan ukuran lebih kecil dari Batara Kala, pun di sisi samping dan belakang Candi Bangkal.

image
eksotik!
image
eksotik! (lagi)

image

Di sebelah utara candi terdapat bangunan setengah terbuka yang di dalamnya ada 3 buah makam. Mungkin makam sesepuh desa di zaman dahulu. Mungkin.

image
ga berani masuk :'v

Yang memprihatinkan, saat musim hujan area sekitar candi selalu terendam air dari irigasi sawah sekitar candi. Belum ada perhatian khusus dari pemerintah mengenai hal ini. Bahkan menurut bapak penjaga, candi ini hanya pernah ditambal sulam di tahun 1989 dan belum pernah dipugar hingga saat ini. Hmm..

image
selamat mengeksplor!

Selamat mengeksplor!

Advertisements

Published by

NF Palestine Turmudzy

A wanderer. A freelancer. A fulltime-dreamer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s