Pesona Mata Air Kaki Gn. Welirang: Kakek Bodo


image
dimana hayooo

Kalo diliat dari nama ato bahkan logonya yang sudah jelas, kayaknya tempat wisata ini sudah tak asing lagi ya?hehe

Air Terjun Kakek Bodo ini terletak di kaki Gn. Welirang (3.156 mdpl) tepatnya di Tretes, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur. Terakhir kesana bulan kemarin (15/06) tiket masuk air terjun 10ribu rupiah.

image
loket 2 (ki) - lorong start pertama (ka)
image
selamat menikmati perjalanan!

Selain air terjun, disini kita bisa menikmati sedikit keringat alias trekking ±500meter menuju air terjun dengan medan yang lumayan untuk olahraga ringan. Ada juga fasilitas kolam renang untuk anak-anak dekat pintu masuk dengan tiket 6ribu rupiah.

image
nyebur disini dijamin beku!

Warung-warung kecil sekedar berjualan cemilan sampai makanan hangat seperti bakso juga berjajar di sepanjang perjalanan menuju air terjun. Ada juga beberapa permainan anak-anak dan shelter untuk sekedar istirahat.

Pemandangan sepanjang perjalanan masih asri. Yang membuatnya kotor adalah ulah pengunjung tidak bertanggung jawab, mulai dari vandalisme alias coret-coret di sembarang tempat dan buang sampah sembarangan. Ck.

image
kolam kecil bertingkat yang kalo musim kemarau ga mengalir ._.

Oiya, disini juga masih banyak penghuni setempat yang suka tiba-tiba melompat dari atas pohon mengagetkan pengunjung. *Tapi terakhir kesini, saya ga ketemu mereka sama sekali :'()

image
ngemil dulu, pemirsaaa
image
sante kayak di pantai, mas brooo

Konon katanya, Kakek Bodo ini adalah nama seorang tokoh jaman dulu yang dimakamkan di sekitar kawasan air terjun yang juga dinamai dengan nama yang sama.

image
ini dia makam Kakek Bodo. nunsewu, Mbah..

Singkat cerita, kakek ini menolak diberi kenikmatan yang melimpah oleh majikannya yang seorang Belanda, orang-orang disekitarnya heran dengan tingkah lakunya sehingga dia mendapat julukan Kakek Bodo (bodoh) yang akhirnya dipakai menjadi nama air terjun tersebut.

Nah, jika kita sudah melewati makam Kakek Bodo ini berarti ‘sumber air sudékat, kakaaa’. Sekitar 15 menit trekking untuk sampai di air terjun yang memiliki ketinggian … meter (?)

Perlu DICATAT, bila anda tidak ingin kecewa capek-capek kesana tapi debit air terjun kecil, jangan datang saat musim kemarau! Namun saat musim hujan juga perlu ekstra waspada karena debit air tinggi dan air bah yang bisa datang kapan saja. Keep safety, backpackers!

image
air terjunnya ngintip :3
image
segeeeeer
image
dari depaaan

Akses kesini terbilang cukup mudah dan terjangkau. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun 4. Namun disarankan pengemudi sudah mahir dengan tanjakan atau turunan ekstrem. Atau jika anda ingin merasakan sensasi backpacking yang sebenarnya, anda bisa menggunakan kendaraan umum. Jika dari Surabaya atau Malang, anda bisa turun di Terminal Pandaan, kemudian naik colt (semacam L300) jurusan Tretes dengan ongkos 7ribu rupiah saja (±12km) langsung bisa diturunkan di depan tanjakan pintu masuk air terjun yang cukup curam.

Selamat mengeksplor!

Advertisements

Published by

NF Palestine Turmudzy

A wanderer. A freelancer. A fulltime-dreamer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s