Mencumbu Ranu Kumbolo, lagi.

paling kanan, betis paling gede, dan kulit paling item sok cool banget looooh -_-

Perjalanan mencumbu Ranu Kumbolo, lagi dan lagi, namun kali ini dalam agenda menjadi guide sekaligus porter dadakan. Penasaran?

Selamat siaaaang. Yang ngaku ganteng, jumatan dulu gih, kalo gamau disuruh emak pake mukena bordiran kembang warna pink xD *plaakkkk

Seperti biasa, catatan perjalanan saya selalu telat. Acara bulan Desember kmaren, tapi baru sempet posting sekarang. Kali ini acaranya: nganter temen-temen Universitas Empat Lima (Unpatma) Surabaya ke Ranu Kumbolo. Sebenernya bukan saya sih, tapi Mas Obenk dan Mas Alton yang dikasih job, saya mah ngikut aja yang penting bisa ngobatin kaki yang udah gatel sekaligus agenda rutin sejak 3 taun terakhir *hihi

Awalnya, peserta dari Unpatma yang bakalan ikut sekitar 20 orang, tapi zzzzzrttt.. jadilah ‘hanya’ 7 orang yang fix. Dan yang ga biasa, semuanya cewe lho, maklum mba-mba rohis kampus semua.hehe

21 Desember 2013

20.00 WIB

Saya, Mas Obenk dan Mba Eka (tetangga Mas Obenk) berangkat dari Stasiun Sidoarjo. Mas Alton yang juga bawa 2 orang temen satu jurusannya harusnya berangkat bareng kami bertiga namun ternyata mereka telat dan harus ngebut sampe Stasiun Lawang baru sempet nyusul kami *padahal, kereta Penataran waktu itu juga udah ngaret seperti biasa, masih aja telat -_-

Eh?trus mba-mba Unpatmanya manaaa?

Tenang, mba-mba Unpatma berangkat dari Stasiun Gubeng, Surabayaaa 😀 Jadi total kami berangkat 13 orang.

22.30 WIB

Nyampe Stasiun Kota, Malang. Yap. Ngaret sekitar 30 menit gara-gara kereta telat. Tapi ga masalah, toh kita masih harus bermalam di rumah Pak Laman *tempat singgah langganan tiap ke Semeru. hihi

00.00 WIB

Kira-kira jam segitu deh kami nyampe di rumah Pak Laman yang udah sesak sama pendaki. Padahal kemarin itu cuacanya sumpah galau, masih aja rame. Padahal lagi, 2011 pertama kali saya ke Semeru *setelah dapet pengalaman nanjak ke Buthak, Arjuno dan Welirang* rumah Pak Laman masih sepi dan hanya rombongan kami yang bermalam disana dan sampe di Puncak Mahameru pun cuma ada 2 rombongan, saya dan temen2 ada 9 orang, dan rombongan dari Makassar 4 orang. Padahal lagi ya, wktu itu cuacanya baguuus banget, udah ga hujan alias baru masuk musim panas dan bunga kayak lavender warna ungu di Oro-oro Ombo masih semi dan super cantik :’)

Udahan ah nostalgilanya.hehe

22 Desember 2013

05.00 WIB

Baru inget kalo sekarang Hari Ibu lho -_-v Jadi pas deh, pas Hari Ibu, yang nanjak cewe semua, kecuali Mas Obenk, Mas Alton dan temennya *namanya Mas Nasrul kalo ga salah inget sih .-.

07.00 WIB

Menuju Ranu Pane~

Alhamdulillah pagi ini lumayan cerah. Bukit Teletubbies masih bisa diliat dan ijooooo banget. Maklum, musim hujan 😀 Pak sopir truknya pengertian banget, jadi sampe sini kami diturunin dulu :3 FYI, sebelumnya 2x ke Semeru belum pernah tuh poto disini.ahay

numpang nongol dulu ah sama Mba Eka :D
numpang nongol dulu ah sama Mba Eka 😀

Kali ini saya ga bawa kamera, maklumlah di rumah cuma ada 1 kamera dipake gantian. Jadi deh numpang poto sama Mba Eka yang niat banget nanjak bawa tab. Makasih, Mba Eka :3

09.00 WIB

Sampe di Ranu Pane. Wuiiiih kali ini saya pangling pake banget. Sumpah, rame banget dan ada sedikit yang berubah, antara lain: warung depan pos perijinan; jangankan taun 2011, taun 2012 saya kesana warung itu juga belum ada lho, trus tempat sampah depan pos perijinan kayaknya jebol pindah di area parkiran deket mushola, dan lain-lain yang saya udah agak lupa ._.v

Oiya, disini saya sempet beli nasi goreng di warung depan pos perijinan yang harganya selangit (8rebu) dengan porsi dikiiiiiit banget macem nasi kucing *menurut saya sendiri sih*

10.00 WIB

Start perjalanan menuju Pos 1. Sampe di gerbang selamat datang *yang dulu juga masih belum ada* mba-mba Unpatma ngajak poto-poto dulu. Boleh lah, saya juga belum pernah poto disini *hihi

Potonya bagus, cuma saya aja yang bikin potonya jadi rusuh yak -___________- Maklumlah, saya emang slalu mati gaya kalo harus bergaya depan kamera *cuih.alibi

Ih, sumpah saya jelek banget yak -_- *jungkir balik

Yang unik, dari Unpatma ada Mba Khosiyah (tiga dari kanan pake slayer warna kuning) satu-satunya nanjak pake rok. Salut deh, saya aja masih belum bisa lho, suer.

Okeh, namanya saja ‘pengantar’, jadi harus siap dan sigap dengan apapun yang akan terjadi sama ‘yang diantar’, mulai dari memberi semangat sampe gantian bawain daypack temen yang fisiknya kurang fit (sempet pingsan sampe 3x lho) di depan sementara carrier tetap digendong di belakang *jadinya depan-belakang deh.hehe* Gapapa deh, yang penting bisa sampe tujuan dengan selamat 😀

Pos 1

Perjalanan menuju pos 1 lumayan lama karna dari start sampe sini emang yang paling jauh daripada setelahnya. Aiiiih yang bikin pangling, di pos ini sekarang ada yang jualan camilan, gorengan ngebul, sampe kopi dan udud.

Pos 2

Melewati Watu Rejeng yang masih saja terlihat mempesona di mata saya :’) Taun 2011, pos ini sempet roboh.

Pos 3

Disini saya sama Mas Obenk masakin mi instan buat 7 orang dari Unpatma soalnya fisik mereka udah drop banget gara-gara diguyur hujan terus. Mi instan berasa gule kambing lengkap sama satenya waktu itu xD

Taun 2012, giliran pos ini yang sempet roboh sampe-sampe waktu itu saya berteduh di bawah pos yang tinggal atap doang dan masuknya sambil merangkak, tapi alhamdulillah semua pos sekarang udah berdiri tegak *hehe*

Yang sangat disayangkan, udah dicat ulang, masiiiih aja ada yang corat-coret disana-sini. Udah pada bangga gitu? Nol.

bakar-bakar dikit biar anget..
saya yang motretin :I

Nih, yang bikin shock yaitu trek dari Pos 3 yang nanjak dikit menuju Pos 4. Kalo musim kemarau sih ga masalah kalo cuma debu. Nah, musim ujan sih bener ga berdebu, tapi treknya jadi berlumpur dan super licin. Alhasil harus jadi penuntun mba-mba Unpatma yang baru pertama kali naik gunung biar ga jatuh kepeleset.

Pos 4

Istirahat bentar dan langsung tancap gas soalnya udah pada semangat aja kliatan pondokan dan camp-camp pendaki di Ranu Kumbolo.

Mas Obenk dan Mas Alton yang udah kelenger bawa depan-belakang, akhirnya saya yang gantiin *mumpung udah gada tanjakan ekstrim lagi.hihi

18.00 WIB

Alhamdulillah, nyampe juga di Ranu Kumbolo 😀 Total perjalanan kami 8 jam pas. Maklumlah, ada beberapa teman yang belum pernah naik gunung sama sekali. Tapi ga masalah sih, dengan begitu kan istirahat nanti malam pasti lebih nyenyak karna kecapean *jadi guide sekaligus porter dadakan ciyeee.hihi*

20.00 WIB

Bikin tenda, ngerapiin barang yang basah kuyup (coverbag dan raincoat udah kaga nahan), sekaligus ganti pakaian kering, kemudian saya, Mba Eka, dan Mas Obenk jadi satu tenda. Malam itu kami cuma masak mi pake sosis dan sawi yang sengaja saya bawa dari rumah 😀

21.00 WIB

Siap-siap tidur! Eh tapi tapi, lagi-lagi saya pangling. Kali ini sama suasana Ranu Kumbolo yang rameeeeeeee banget macem pasar malem. Jadi pengen nostalgila lagi deh, taun 2011 saya kesini sama temen-temen suasananya masih sepi dan mistisnya masih kerasa banget. Cocok banget buat kita yang memang mencari kesunyian untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta :’)

2011. Pondokan Ranu Kumbolo yang akhirnya baru direnovasi taun 2012

Nah, gegara rameeee banget itu, kami udah ga kebagian di pondokan kayu, bahkan shelter yang biasanya dipake porter buat masak dan bakar-bakar. Jadi deh, ngecamp depan Ranu Kumbolo dengan iringan gerimis sepanjang malam..

Tiba-tiba ada yang manggil di pintu tenda. Ternyata Mba Khosiyah yang ngasih tau kalo agenda buat ke Tanjakan Cinta besok pagi dicanceled soalnya ada temen yang udah drop banget. Okaaay tak masalah.

23 Desember 2013

01.00 WIB

Ebuseeeet. Sejak kapan di Ranu Kumbolo ada tikus masuk tenda pendaki boooo’? -_- Sumpah ya, baru kali ini ngecamp disini tenda dimasukin tikus penyusup. Lagi enak-enak tidur langsung pada jejingkrakan deh *pendaki takut tikus.hihi

05.00 WIB

Bangun trus nyicil packing barang dikit-dikti biar ntar ga molor. Setelah itu, saya dan Mba Eka mulai nyuci piring dan masak nasi. Kalo dulu *nostalgila lagi deeeh* ngambil air bisa bebas, sekarang? setelah ngliat air Ranu Kumbolo, rasanya saya ga kolu (red: semacam perasaan ga napsu/tega) make airnya buat masak. Lha wong airnya udah bercampur sama nasi dan sisa-sisa makanan yang dibuang langsung di dalam air dan tak lupa sampahnya itu lho. Ya Allah, siapa yang tega nglakuin gitu sih 😥

07.30 WIB

Selesai masak nasi goreng spesial pake telor, ikan asin krispi bawa dari rumah, dan sambel. Mantaaaaaap :3

08.30 WIB

Packiiiiing ditemani rintik hujan yang udah turun dari pagi..

10.00 WIB

Start perjalanan turun. Alhamdulillah mba-mba Unpatma udah kliatan seger dan bersemangat 😀 Saya, Mas Obenk, dan Mba Eka yang udah selesai packing duluan, segera menemani mba-mba Unpatma yang juga udah siap. Mas Alton dan dua orang temennya nyusul karna baru packing -_-

Wuiiih perjalanan turun pada semangat di depan terus aja nih mba-mba. Saya sama Mas Obenk agak nyante juga di barisan paling belakang. Hujannya keukeuh menemani kita dari Ranu Kumbolo sampe bawah lho, jadi deh perjalanan turun sambil agak menggigil gitu ._.

Jalanan turun menuju Pos 3, beuuuh sumpah lebih licin daripada pas kami berangkat kmaren. Jadi deh, saya yang nemeni Mba Rahma ikutan keprosok juga pas kurang dikiiit aja udah nyampe Pos 3.

Sampe di Pos 1, giliran Mas Alton dan Mas Nasrul yang masakin. Tapi, mba-mba Unpatmanya udah mau lanjut aja biar cepet nyampe Ranu Pane. Jadi deh, cuma Mba Khosiyah dan Mba Suci yang setia nunggu kami masak dan makan siang dulu.

14.30 WIB

Saya, Mas Obenk, Mba Khos, dan Mba Suci nglanjutin perjalanan. Wuiiih temen-temen udah pada di depan aja, jadi kami ngebut buat ngejar. Saya sendiri udah ga tahan pengen ganti baju. Maklum, sebelum perjalanan tadi saya ganti baju basah yang dipake pas berangkat lagi *hehe

15.00 WIB

Aiiih sampe di gerbang selamat datang, ternyata mba-mba Unpatma yang berangkat duluan kekejar juga *rada shock juga mereka saya susul :D* Sampe di Ranu Pane, saya langsung cus ngantri di kamar mandi dan hujan masih setia mengguyur lumayan deras..

17.00 WIB

Truk yang sudah nunggu sejak jam 3 tadi, akhirnya mengantarkan kami kembali ke Tumpang, trus naek angkot ke Arjosari, trus naik bus deh pulangnya.

Cape ah ngetiknya. Udahan yak :p

Alhamdulillaaaaah akhirnya taun 2013 ini saya masih diijinkan Allah mencumbu Ranu Kumbolo lagi :’)

Published by

NF Palestine Turmudzy

A wanderer. A freelancer. A fulltime-dreamer.